DESA MELUNG

Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas

Jadulfest : Catatan Kecil

Festival Jawa Kidul I yang digelar dari tanggal 2 Juni 2012 samapi dengan 5 Juni 2012 merupakan bangkitnya kemandirian desa dalam bidang ekonomi, budaya dan sosial dan teknologi. Dihadiri tidak saja dari berbagai desa di tanah air tetapi juga dari berbagai kalangan baik Pemerintah, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten  Wonosobo, Banjarnegara dan Tasikmalaya. Salah satu kegiatan yang digelar dalam Festival Jawa Kidul di hari kedua tanggal 4 Juni 2012 yang dimulai sekitar jam 19.30 adalah forum bisnis adalah sesi khusus yang disediakan untuk mendorong pertukaran informasi antar desa dan pihak lain.  Forum ini dibagi menjadi empat kelompok membahsa berbagai persoalan didesa yaitu : kebijakan desa, tata kelola pemerintahan desa, pengelolaan sumber daya alam desa serta TIK Perdesaan.

Pada kelompok TIK Perdesaan salah satu peserta adalah Budiman Sudjatmiko anggota DPR-RI dan wakil ketua Pansus RUU Desa, dan beberapa peserta perwakilan dari beberapa desa, Akhmad Saefudin pegiat BlankOn Indonesia, mahasiswa Politeknik Pratama Purwokerto serta ketua LPPM Politeknik Pratama Vivtor C. Indiarto.  Dalam diskusi dan berbagai pengalaman ini Vicktor menyampaikan bahwa Gerakan Desa Membangun ini mewajibkan Pemerintah Desa untuk mempergunakan software open source BlankOn sebagai kemandirian teknologi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan banyaknya program pemerintah yang tidak berjalan dalam mengembangkan software untuk desa-desa.  Peserta dari desa di Kabupaten Majalengka  sangat ingin segera tahu tentang Sistem Informasi Desa yang sedang dikembangkan oleh Gerakan Desa Membangun.  Sementara dari Desa Ciburial Kabupaten Bandung yang merupakan desa dekat dengan kota Bandung dimana pelayanan sangat tinggi sehingga perlu menyiapkan piranti untuk memberikan pelayanan yang cepat juga mengharapkan di pihak pemerintah diatasnya ada alamat email sebagai sarana dalam mengirim surat.

Warga dari desa Mandalamekar menyampaikan pentingnya TIK di pedesaan untuk dapat mengetahui harga-harga pasar produk pertanian.  Sementaran dari desa Beji salah satu peserta masih sulit menggunakan Linux atau BlankOn.  Dan peserta yang terakhir adalah Budiman Sudjatmiko yang menyampaikan bahwa Gerakan Desa Membangun ini sangat luar biasa perlu segera disebarluaskan lebih cepat lebih baik, dan kami selaku pembina Parade Nusantara sudah memiliki sistem untuk desa-desa yang sudah dibagaikan ke desa-desa semoga dapat dikolaborasikan bersama.

Dari hasil diskusi tersebut disimpukan bahwa (1)  pentingnya mempertahankan budaya, mengembangkan ekonomi dan pendidikan di desa (2) TIK pedesaan menjadi wajib untuk desa-desa (3) adanya gotong royong dalam mengembangkan TIK pedesaan (4) Kemandrian teknologi di desa sebagai ujung tombak kemajuan Bangsa Indonesia.

 

Did you like this? Share it:

Tulisan terkait:

  • Tidak ada tulisan terkait

About A Budi Satrio

Menjadikan orang desa yang cerdas
This entry was posted in Berita Desa and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Jadulfest : Catatan Kecil

  1. Ayi Sumarna berkata:

    Sebuah catatan kecil namun daftar rekomendasinya tidak kecil:
    (1) pentingnya mempertahankan budaya, mengembangkan ekonomi dan pendidikan di desa;
    (2) TIK pedesaan menjadi wajib untuk desa-desa;
    (3) Adanya gotong royong dalam mengembangkan TIK pedesaan;
    (4) Kemandrian teknologi di desa sebagai ujung tombak kemajuan Bangsa Indonesia.

    Salam semangat membangun TIK dari Desa.

  2. Joko Waluyo berkata:

    Reportase yang informatif. Bagaimana kesiapan Desa Melung sebagai tuan rumah #JadulFest berikutnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Produk Unggulan

  • Terjemahan

  • Unduh Aplikasi Android Melung

  • Twitter kami

  • HALAMAN FACEBOOK KAMI

  • Tulisan Menarik Lainnya :

  • Kategori

  • Tulisan Terakhir

  • Spam Diblokir

  • Diskusi


    Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.


  • Desa ini merupakan anggota jaringan :